RSS

PROFIL UKM PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Salam Pramuka!
Gerakan Pramuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdapat di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan juga merupakan organisasi intra kampus yang terlepas dari unsur pollitik. Selain itu, Gerakan Pramuka di Perguruan Tinggi mempunyai keunggulan yang lebih, sebab di dalamnya dituntut mampu mengamalkan Tri Bina Gerakan Pramuka, yaitu Bina diri, Bina Satuan dan Bina Masyarakat sehingga pengembangan nalar, intelektual dan pengabdian terhadap masyarakat dapat seimbang.
UKM Pramuka Racana Sunan Kalijaga – Racana Nyi Ageng Serang Pangkalan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta saat ini telah berusia 36 tahun, usia yang menunjukkan kemapanan dalam berbagai hal dan dapat diperhitungkan keberadaannya. Sehingga bukan suatu hal yang mustahil jika berbagai prestasi berhasil diboyong mulai tingkat regional hingga nasional.
Berdirinya Gugusdepan Pramuka di lingkungan IAIN Sunan kalijaga (sekarang UIN Sunan Kalijaga) berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 138 tahun 1961. Pada tahap perintisan telah dilakukan beberapa persiapan, di antaranya oleh Bapak Kolonel Bakri Syahid selaku rektor dan sekaligus menjabat Kamabigus yang telah mengundang beberapa aktifis Pandu sebanyak 10 orang untuk diajak mendirikan sebuah Gugusdepan yang berpangkalan di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hingga akhirnya hal ini disambut baik oleh Kwartir Cabang Kodya Yogyakarta yang selanjutnya diundang ke kampus IAIN Sunan Kalijaga untuk membicarakan pelantikan pengurus Gugusdepan Pramuka di IAIN Sunan Kalijaga, yang dihadiri pula oleh beberapa mahasiswa yang aktif dalam kepanduan dan siswa/i PGAL pada saat itu. Sedangkan Ka Kwarcab yang melantik adalah Letkol Soedjono Ag, yang sekaligus sebagai Kepala Daerah Tingkat II Kodya Yogyakarta.Dari sinilah akhirnya berdiri Gugusdepan yang berpangkalan di IAIN Sunan Kalijaga yang kemudian resmi ditetapkan pada tanggal 17 Juli 1973 dan merupakan Gugusdepan Perguruan Tinggi tertua se-DIY, pada waktu itu diketuai oleh Kak Bijuri Binhas dan sekretarisnya Kak Sarifah Aziz.

Prestasi-prestasi yang diraih oleh UKM Pramuka Racana Sunan Kalijaga – Racana Nyi Ageng Serang Gugusdepan Yogyakarta 1501-1502 mulai tahun 2004, antara lain :
Juara Umum Perkemahan Pramuka Pandega se-DIY dalam rangka HUT XIV Racana Jenderal Soedirman – Racana Cut Nyak Dien Pangkalan UPN Veteran tahun 2004 ( Trophy Rektor UPN Veteran)
Juara II Tunggal Putra dalam Kejuaraan Tenis Meja oleh pangkalan Racana KH. Ahmad Dahlan – Racana Nyi Ahmad Dahlan, UAD Yogyakarta tahun 2004
Juara I Lomba Teknologi Tepat Guna Perkemahan Wirakarya VIII Perguruan Tinggi Agama Islam se – Indonesia di Padang, Sumatera Barat tahun 2006 (Trophy Ka Kawrnas Gerakan Pramuka)
Juara III Lomba Sketsa Perjuangan Rakyat Jambi dalam rangkaian kegiatan Temu Karya Pramuka Pandega (TKTD) se – Sumatera dan Jawa di IAIN STS Jambi tahun 2008 (Trophy Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi)
Terbaik II Lomba MTQ Tafsir Bahasa Arab Perkemahan Wirakarya Nasional IX PTAI se – Indonesia di IAIN STS Jambi tahun 2009.
UKM Pramuka menghasilkan Pembina-Pembina Pramuka yang handal dan profesional dalam bentuk bina satuan di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA di antaranya SDIT Salsabila, SD Angkasapura, SMPN Ngemplak, MTs Negeri Maguwoharjo, SMPT Darrul Hikmah, SMA Kolombo, SMA Darrul Hikmah dan masih banyak lagi prestasi yang telah diraih oleh Racana Sunan Kalijaga – Racana Nyi Ageng Serang dalam kejuaraan-kejuaraan yang lain.

Susunan Pengurus UKM Pramuka masa bakti 2009-2010
Racana Sunan Kalijaga
Ketua : Saiful Amri, D
Wakil Ketua : Edi Susanto, CD
Sekretaris : M. Ikhwan Muhajir, CD
Bendahara : Pawit Riyadi, D
Pemangku Adat : Dwi Wahyudi, D

Racana Nyi Ageng Serang
Ketua : Umrotul Baiti, D
Wakil Ketua : Yuyun Farida, CD
Sekretaris : Eka Sari Sunroiwati, CD
Bendahara : Siti Roikatul Jannah, D
Pemangku Adat : Muniroh Dwi Susilowati, CD

“Diantara ribuan peluang dan kesempatan, di sana ada kesuksesan, namun dikelilingi dengan kegagalan. Ambil kesempatan dan peluang tersebut, biarkan Anda gagal dalam proses menemukan kesuksesan tersebut. Setiap kegagalan yang Anda buat adalah anak tangga Anda menuju puncak, yaitu sukses. Setiap kegagalan yang Anda temukan, memberikan arah yang jelas menuju sukses.” Tetap Semangat..!!
Anda takkan pernah merasa puas jika hanya mendengar dan melihat saja, bergabunglah bersama UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di stand pendaftaran atau di sanggar bakti, Gedung Student Center Lantai 1 Ruang 1.02.

Salam Pramuka!
IKHLAS BAKTI BINA DIRI ABDI ISLAMI

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

fasqy mengatakan...

sipppppppp...............

Anonim mengatakan...

Berkunjung Pak Pawit..hehe

ahmed mengatakan...

ok...
jempols kang pawit,
terimakasih infoNa...
hohoho....

Posting Komentar