RSS

PERTEMUAN BESAR PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA : PRAMUKA ITU

 


Salam Pramuka!

Organisasi Gerakan Pramuka memiliki banyak sekali pertemuan-pertemuan Pramuka. Dalam kegiatan pertemuan tersebut para anggota Gerakan Pramuka berkumpul untuk mengikuti kegiatan sesuai dengan Prinsip dasar kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK).

Nah, pada kesempatan kali ini kakak akan mencoba menjelaskan berbagai macam pertemuan yang ada dalam organisasi Gerakan Pramuka. Mungkin beberapa diantaranya sudah pernah mengikuti ya.. Pertemuan Pramuka sendiri terdiri atas berbagai macam kegiatan. Ada kegiatan yang melibatkan semua anggota Gerakan Pramuka dan ada juga pertemuan khusus hanya untuk golongan-golongan Pramuka tertentu. Ayo kita lihat keseruan dan asyiknya pertemuan pramuka penegak/ pandega ya kak..

1. JOTA (Jamboree On The Air)

JOTA adalah pertemuan Pramuka melalui udara, artinya pertemuan Pramuka ini berbasis radio dimana dalam kegiatan ini ada kerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI). Setiap anggota Pramuka dari berbagai golongan dapat berkomunikasi, berdiskusi, bahkan berbagi pengalaman yang pernah mereka lalui hanya dengan memanfaatkan teknologi radio amatir. Pertemuan ini merupakan kegiatan yang diadakan secara tahunan serta berlangsung dalam skala Nasional, Regional, bahkan Internasional.

2. JOTI (Jamboree On The Internet)

JOTI dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan JOTA. Jika JOTA menggunakan radio amatir berbeda halnya dengan JOTI. JOTI menggunakan media chating seperti media sosial facebook, skype, dan lain sebagainya. Sama seperti JOTA, JOTI merupkan kegiatan tahunan serta berlangsung dalam skala nasional, regional, dan internasional.

3. PERKEMAHAN WIRAKARYA

Perkemahan Wirakarya yang disingkat P.W. adalah pertemuan Pramuka dalam bentuk Perkemahan yang diselenggarakan oleh Pramuka Penegak dan Pandega. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka integrasi dengan masyarakat dan partisipasi aktif para Penegak dan Pandega dalam kegiatan pembangunan masyarakat sesuai dengan janji Trisatya.

P.W. diselenggarakan dengan tujuan pembinaan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan Pramuka Penegak/Pandega, sehingga mereka siap untuk menghadapi tugas-tugasnya kelak dalam masyarakat. Perkemahan Wirakarya dapat diselenggarakan di tingkat Nasional, Daerah, Cabang, dan Ranting

4. RAIMUNA

Raimuna adalah pertemuan berbentuk Perkemahan yang diselenggarakan untuk Pramuka Penegak/Pandega puteri maupun putera (dulu bernama PERPANITRA). Raimuna diselenggarakan untuk membina/mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penegak/Pandega dan memberikan kegiatan kreatif, rekreatif dan produktif yang bersifat edukatif. Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk Perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka seperti, Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, dan Raimuna Nasional.

5. MUSPPANITERA

Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera atau biasa disingkat dengan Musppanitera adalah sebuah kegiatan pertemuan Pramuka penegak dan pandega untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir /dewan kerja serta akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya. Forum musyawarah bertujuan untuk membahas masalah-masalah organisasi, laporan kegiatan/program kerja, anggaran dan pemilihan dewan kerja baru melalui formatur. Sesuai dengan jenjang organisasi, Muspanitra dibedakan menurut tindakan, yaitu Musppanitera Nasional, Musppanitera Daerah, Musppanitera Cabang

6. Gladian Pemimpin Satuan (Dianpinsat)

Dianpinsat adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega untuk para Pemimpin Sangga Utama (Pradana), Pemimpin Sangga (Pinsa), dan Wakil Pemimpin Sangga (Wapinsa). Tujuan dari Dianpinsat ini sama dengan Dianpinru yaitu untuk memberikan edukasi tentang kepemimpinan. Dianpinsat dapat diselenggarakan di tingkat gugus depan, kwartir ranting dan kwartir cabang.

7. Peran Saka (Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka)

Peran Saka adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota dari Satuan Karya Pramuka (SAKA). Pertemuan ini berbentuk perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Peran Saka itu sendiri diikuti minimal oleh dua Satuan Karya Pramuka, misalkan Saka Wirakartika dan Saka Bhayangkara atau Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru

8. Ulang Janji

Ulang Janji adalah upacara pengucapan ulang janji Tri Satya bagi Pramuka Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa yang dilaksanakan pada malam tanggal 14 Agustus dalam rangka memperingati Hari Pramuka. Ulang janji dapat dilaksanakan di tingkat gugusdepan, ranting, cabang, daerah, dan nasional

9. Kemah Bakti Racana Nasional (Kembaranas)

Kembaranas adalah perkemahan bakti bagi pramuka pandega di tingkat perguruan tinggi secara nasional. Konsep dasar kegiatan Kembaranas ini adalah Bakti kepada masyarakat. Kegiatan ini diisi dengan acara pembukaan, seminar nasional, bakti fisik desa seperti pembenahan sarana ibadah, pembersihan desa dan kegiatan penunjang yaitu pembuatan nama jalan, pembangunan tugu kembaranas. Serta diisi dengan kegiatan bakti non fisik berupa penyuluhan masyarakat, pendidikan kepramukaan untuk sekolah, dan lain sebagainya. Kegiatan penunjang lain seperti wisata, temu tokoh, forum pandega, malam binneka tunggal ika, dan lain-lain.

10. KPDK

Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega yang menjadi anggota Dewan Kerja untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai pengelolaan Dewan Kerja, sehingga para anggota Dewan Kerja di wilayah binaannya dapat mengelola dewan kerjanya secara efektif dan efisien.

Demikian kakak-kakak berbagai kegiatan menarik yang bisa kakak sekalian ikuti untuk golongan Pramuka Penegak dan Pandega, persiapkan diri kakak sekalian semoga berkesempatan untuk bergabung dalam kegiatan tersebut menambah ilmu, pengalaman, wawasan, dan persaudaraan… Salam Pramuka!


Saksikan video lengkap di Channel Youtube : Pembina Youtuber


Pastikan menonton videonya sampai selesai ya kak --------------------------------------------------------------------- Dukung Channel Pembina Youtuber ini agar terus berkembang dan menebar manfaat dengan cara klik SUBSCRIBE, Like, Comment, dan Share ya kak.. Terima kasih https://www.youtube.com/channel/UC6Hz... --------------------------------------------------------------------- Ikuti medsos kami ya kak : Instagram : https://www.instagram.com/pembina_you... Twitter : https://twitter.com/PembinaYoutuber ---------------------------------------------------------------------


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Liya Pransiska mengatakan...

menarik ni, salam pramuka

Posting Komentar