RSS

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN


Faktor-faktor yang dapat mempengarui belajar dan hasil belajar, yaitu:
a.    Kesiapan belajar
Faktor kesiapan ini dapat dipengaruhi baik fisik maupun fisiologis sebagai  usaha  yang  dilakukan  guru  dengan  memberikan  perhatian penuh pada siswa sehingga mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sebagai implikasi dari prinsip kesiapan.
b.    Perhatian
Perhatian adalah pemusatan tenaga psikis yang tertuju pada suatu obyek perhatian yang timbul karena  adanya suatu hal yang menarik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
c.    Motivasi
Motivasi  adalah  motif  yang  sudah   menjadi  aktif  saat  orang melakukan aktivitas, sedangkan motif adalah kekuatan yang terdapat dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuannya.
 d.   Keaktifan siswa
Keaktifan siswa dapat dilihat dari suasana yang tercipta dalam proses pembelajaran yang berlangsung sehingga siswa  terlihat aktif berperan.
e.    Mengalami sendiri
Dengan mengalami sendiri akan memberikan hasil belajar siswa yang  lebih  cepat  dan  pemahaman  yang  lebih  mendalam  terhadap materi yang diajarkan.
f.     Pengulangan
Adanya   latihan   yang   berulang-ulang   lebih   berarti   untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman terhadap materi pelajaran.
g.    Balikan dan penguatan
Balikan adalah masukan yang sangat penting bagi siswa maupun guru sedangkan penguatan adalah  tindakan yang menyenangkan dari guru terhadap siswa yang telah berhasil melakukan suatu perbuatan belajar.
h.    Perbedaan individual
Karakteristik yang berbeda dari tiap-tiap individu baik fisik maupun psikis dan tingkat kemampuan serta minat belajar yang berbeda memerlukan perhatian khusus bagi guru untuk menjaga agar perkembangan siswa berlangsung baik sesuai dengan kemampuan.[1]
Faktor-faktor tersebut di atas dapat mempengaruhi belajar dan hasil belajar siswa sehingga agar siswa mampu mewujudkan suatu kemampuan yang baik diperlukan manajemen yang baik pula, umumnya berasal dari siswa itu sendiri (faktor internal) maupun dari luar dirinya (faktor eksternal). Faktor internal meliputi tiga faktor, yaitu faktor jasmaniah (kesehatan tubuh, cacat tubuh), faktor psikologis (intelegensi, minat, bakat, motif, kematangan, kesiapan) dan faktor kelelahan (baik kelelahan jasmaniah maupun psikologis).
Faktor eksternal meliputi tiga faktor, yaitu faktor keluarga (cara mendidik, interaksi antar anggota keluarga, suasana keluarga dan keadaan keluarga), faktor sekolah  (perangkat pengajaran, kondisi fisik, administrasi sekolah, semua komponen yang terlibat dalam pengajaran, yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pelajaran[2], faktor masyarakat (kegiatan siswa, interaksi dengan lingkungan, bentuk kehidupan masyarakat).


[1] Darsono, N. dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press
[2] Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2004), hlm. 132

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar